UPDATE : Pasien Positif Covid-19 di Trenggalek Bertambah Satu

UPDATE : Pasien Positif Covid-19 di Trenggalek Bertambah Satu
Peristiwa Nasional
Caption : Bupati Trenggalek saat konferensi pers melaui video conferens

TRENGGALEK - Kasus baru positif virus corona (Covid-19) di Kabupaten Trengalek bertambah lagi satu orang, satu pasien tersebut merupakan laki-laki berusia 55 tahun beralamat di Desa Karangsoko Kecamatan Trenggalek, Sabtu (9/5/2020).

"Kita umumkan update perkembangan Covid-19, dengan ada tambahan satu orang yang terkonfirmasi positif Covid-19," tutur Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin.

Disampaikan Arifin, pasien tersebut mempunyai riwayat indikasi terpapar pada (28/2) anak  pasien nomor dua pulang dari Surabaya dan pada (23/3) anak pertama pasien pulang dari Malaysia.

Bahkan pasien sempat mengalami sesak nafas, ileus (sumbatan pada usus), pneumoni dan TBC. Sehingga pasien sempat dirawat di RSUD dr Soedomo pada (17-22/4).

Sehari kemudian, pada (23/4) pasien dirujuk ke RS Dr. Iskak serta langsung dilakukan swab test. Selanjutnya pada (28/4) pasien dinyatakan sembuh dan diperbolehkan keluar dari RSUD dr. Iskak, dengan berstatus PDP pasien menjalani isolasi dirumah.

"Namun pada (8/5) hasil swab test keluar dan orang tersebut dinyatakan positif, dan selanjutnya disebut pasien 03," ungkapnya.

Dengan adanya satu tambahan orang terpapar Covid-19 tersebut, Arifin menjelaskan telah memeriksa beberapa orang yang memiliki kontak erat dengan pasien 03.

Adaa 14 orang yang telah diperiksa, yakni dalam keluarga keluarga pasien yang tinggal satu rumah ada tujuh orang. Mulai dari Istri, anak nomor tiga, menantu pertama dan dua cucu pasien.

Kemudian ada tujuh orang dari keluarga sopir yang mengantar pasien, yakni sopir itu sendiri, ibu sopir, ayah, kakak perempuan, keponakan, suami dari kakak perempuan sopir dan anak dari kakak perempuan sopir.

"Dari keseluruhan orang yang diperiksa (14 orang) semua telah menjalani rapid test dengan hasil nonreaktif atau negatif," jelas Gus Ipin.

Lanjut Arifin, jika saat ini kondisi pasien 03 dinyatakan sehat dan sejak (28/4) sudah keluar dari rumah sakit dan melakukan isolasi dirumah.

Dalam hal ini pihaknya telah mengambil langkah menerapkan isolasi di dirumah bagi pasien 03, dan pada (11/5) depan pasien 03 akan kembali melakukan swab test untuk yanh kedua kali.

Sedangkan bagi yang berstatus OTG yakni tujuh anggota keluarga pasien 03 dan tujuh anggota sopir juga menjalani isolasi mandiri dirumah. Tentunya dengan telah menetapkan kawasan displin physical distancing dilokasi sekitar titik isolasi mandiri pasien positif dan OTG.

"Kami juga akan melakukan tracing terhadap riwayat kontak erat dengan pasien 03, salah satunya anak Pasien 03 yang sempat berkunjung ke Panggul setelah pulang dari Malaysia," pungkasnya.


Kontributor : Rudi Yuni
Editor : Aji Susanto
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar